Senin, 27 Juni 2011

Melawan Rasa Malas

Malas,,, sifat yang begitu sulit kita hilangkan, bahkan sudah mendarah daging di dalam diri kita. Sebenarnya kapan sih kita mulai mempunyai sifat malas? Menurut gw, malas timbul dalam diri seseorang yang karena kebiasaan dan kurangnya kurangnya pengajaran dan ketegasan dari orangtua kita, jika kita sudah terbiasa malas dari kecil, maka besar kemungkinan akan terbawa sampai kita dewasa.

Disini peran orangtua/lingkungan keluarga sangat mempengaruhi, jika anak mulai malas melakukan sesuatu berilah nasehat agar melakukukannya segera dan jangan terlalu memanjakan anak. Buatlah schedule harian, apa yang harus anak lakukan pada hari tersebut. Hal ini akan membiasakan anak dalam me-manage waktu mereka agar tidak terbuang sia-sia.
Bagaimana menghilangkan rasa malas? Rasa malas menurut gw, kalo orang sudah terbiasa malas, maka rasa malas itu ibarat kecanduan. Sangat sulit menghilangkan rasa malas yang sudah mendarah daging. Tapi disini kita coba membuat rasa malas itu hilang, ini cara gw (secara acak):

1. Buat prinsip supaya jangan menunda-nunda, lebih cepat itu lebih baik.
2. Buat melakukan sesuatu yang hendak kita kerjakan dengan perasaan hati yang mood.
3. Kita harus komitmen dan membuat visi-misi yang jelas.
4. Hadirkan suasana yang membuat lo termotivasi misal(biar do'i seneng, biar dapet perhatian dari temen-temen lo karena nilai lo bagus, dll.).
Mungkin masih banyak lagi yang lain, tapi ini contoh saran dari gw..

Mungkin kalo menurut gw yang no. 3 itu yang paling penting, karena ketika kita sudah membuat komitmen dan membuat visi-misi maka dengan sendiri-nya kita akan merasa bersalah bila kita melanggarnya (cara berfikir orang dewasa). Dan dengan visi kita, misal biar jadi orang sukses, tentu kita harus kerja keras kan...
biar dapet Do'i cantik/ganteng, tentu kita harus melunakan hatinya dia dengan kepandaian kita/dengan karya seni kita/dengan cara berbicara kita. Untuk menjadi pandai kita harus belajar keras, untuk membuat karya seni yang bagus kita harus giat berlatih, untuk pandai berbicara kita harus berlatih dan dengan belajar dari orang lain yang pandai berbicara.

Mungkin ini aja dari gw, semoga tulisan ini menjadi inspirasi lo biar sukses dalam banyak hal. Jangan lupa kasih koment ya, kalo ada kekurangan/tambahan/kritikan/saran/PUJIAN, hehehe....

good luck, God bless...

1 komentar: